5 Cara Mengatasi Infeksi Vagina dengan Tepat dan Aman

masalah kewanitaan,masalah area kewanitaan,mengatasi masalah kewanitaan

Vagina merupakan salah satu bagian tubuh wanita yang harus dijaga dengan baik kebersihan dan kesehatannya. Ada beberapa kondisi yang ternyata bisa mempengaruhi kesehatan vagina dan salah satunya adalah infeksi. Infeksi vagina ini bisa menyebabkan berbagai jenis keluhan. Mulai dari munculnya bau tidak sedap, keputihan yang tidak normal, dan penurunan kualitas hubungan seksual.

Solusi Mengatasi Infeksi Vagina

Sebenarnya infeksi vagina bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Mulai dari jamur, bakteri, bahkan alergi. Solusi untuk mengatasi kondisi ini memang harus disesuaikan dengan faktor penyebabnya. Berikut adalah 5 cara tepat mengatasi masalah infeksi pada vagina sesuai faktor yang memicunya:

1. Gunakan Obat Anti-jamur

Masalah kesehatan vagina ini biasanya akan diatasi dengan obat anti-jamur. Sesuai dengan namanya, obat ini akan mengatasi jamur penyebab infeksi. Jamur yang biasanya menyebabkan infeksi pada area vagina adalah jamur candida. Biasanya infeksi yang disebabkan oleh jamur akan menyebabkan rasa gatal, panas, dan terbakar.

Ada dua jenis obat anti-jamur yang bisa digunakan. Pertama obat minum yang bisa dikonsumsi biasa. Kemudian ada obat salep yang harus dioleskan di area vagina. Namun perlu diketahui bahwa obat anti-jamur ini tidak boleh sembarangan digunakan apalagi pada ibu hamil.

2. Lakukan Terapi Obat Antibiotik

Selain jamur, infeksi pada vagina juga bisa disebabkan oleh bakteri. Seperti kita tahu bahwa di vagina terdapat beberapa jenis bakteri baik yang tumbuh. Saat bakteri baik berkurang dan bakteri jahat berkembang biak, maka akan terjadi infeksi. Gejalanya bervariasi, bisa berupa bau amis, rasa sakit saat kencing, keputihan yang berwarna abu-abu, dan lain sebagainya.

Kondisi infeksi seperti ini bisa diatasi dengan terapi obat antibiotik. Biasanya dokter akan meresepkan jenis obat ini untuk dikonsumsi sampai habis. Ingat, obat antibiotik ini harus didapatkan sesuai resep dokter. Jangan sampai sembarangan membeli obat sendiri tanpa pertimbangan dari dokter.

3. Hindari Hubungan Seksual

Infeksi vagina juga bisa disebabkan oleh penyakit menular seksual seperti gonore. Jika ini merupakan penyebabnya, maka hindari dulu hubungan seksual untuk menurunkan risiko penularan. Jangan memaksakan diri untuk melakukan hubungan seksual apalagi jika sudah diketahui bahwa pasangan Anda menderita penyakit infeksi menular seksual.

Bagi pasangan yang sudah menikah, sebaiknya kondisi ini dikonsultasikan kepada dokter spesialis. Jadi bukan hanya wanita saja yang harus mendapatkan tindakan pengobatan melainkan pasangannya juga harus menjalani hal yang sama. Tentu langkah pengobatannya harus berdasarkan instruksi dari dokter.

4. Hindari Produk Tertentu

Infeksi pada vagina juga bisa disebabkan oleh pengaruh produk yang menyebabkan sensitivitas meningkat. Misalnya produk pembalut, sabun, dan deterjen tertentu. Sebaiknya cari tahu produk apa yang memicu munculnya infeksi. Hindari dulu produk-produk tersebut untuk sementara waktu. Menghentikan pemakaian produk penyebab iritasi akan menjadi solusi terbaik.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Pola makan yang sehat sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan vagina. Saat vagina mengalami infeksi, cobalah untuk memperbaiki pola makan. Terapkan pola makan yang sehat dengan mengonsumsi jenis makanan bergizi seimbang dan lengkap. Konsumsi makanan sehat juga akan membantu proses penyembuhan vagina jadi lebih cepat serta meminimalkan munculnya bau tidak sedap.

Infeksi vagina bisa disembuhkan dengan cara yang tepat sesuai faktor penyebabnya. Konsultasikan dulu dengan dokter yang berpengalaman. Tidak perlu panik atau merasa minder untuk konsultasi mengenai kondisi ini. Pastikan bahwa Anda juga selalu mengikuti arahan dokter dan menjaga kebersihan vagian selama masa pengobatan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.