Asuransi Mobil All Risk, Ini Keuntungan dan Cara Klaimnya

Berbicara mengenai asuransi, ada banyak jenisnya, seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, hingga asuransi mobil. Pada pembahasan kali ini akan lebih membahas tentang asuransi mobil, khususnya asuransi mobil All Risk.

Asuransi All Risk merupakan jenis asuransi mobil yang beri manfaat pertanggungan biaya perbaikan ataupun penggantian kerusakan, dan termasuk kehilangan. Dengan manfaat pertanggungan tersebut, pastinya asuransi All Risk jadi pilihan tepat untuk pemilik mobil baru.

Untuk dapatkan informasi secara lebih lengkap tentang manfaat asuransi All Risk, Anda bisa menyimak pembahasan lengkapnya berikut. Selain itu, sebaiknya Anda juga memiliki pengetahuan tentang asuransi jiwa terbaik untuk memberikan perlindungan maksimal bagi kendaraan dan diri sendiri serta keluarga.

Keuntungan Asuransi Mobil All Risk, Bisa Tanggung Beberapa Hal

Keuntungan asuransi All Risk utama adalah pertanggungan biaya perbaikan atau penggantian akibat dari risiko berkendara atau mempunyai mobil dari risiko yang kecil sampai besar.

Biasanya keuntungan asuransi ini berlaku untuk kendaraan berusia 1-10 tahun. Di mana artinya, kendaraan di atas usia 10 tahun tak dapat didaftarkan untuk membeli polis asuransi comprehensive.

Apa Saja Pertanggungan Asuransi All Risk Mobil?

Penggantian biaya perbaikan karena kerusakan ataupun kerugian risikonya dijamin pada polis asuransi, termasuk hilangnya mobil karena pencurian serta tak bisa ditemukan lagi dalam 60 hari semenjak kejadian.

Kerusakan yang dapatkan pertanggungan seperti akibat-akibat benturan, tabrakan, tergelincir, terbalik, terperosok, kebakaran, perbuatan jahat, dan pencurian.

Ganti rugi pun berlaku akibat dari kerusakan dikarenakan bencana alam seperti badai, angin topan, tanah longsor, hingga banjir, termasuk juga kerusakan mesin karena air masuk ke blok mesin lewat saluran saringan udara. Pertanggungan pun berlaku akibat dari kerusakan pemogokan, kerusuhan, serta huru-hara.

Ada ganti rugi tanggung jawab hukum tertanggung pada pihak ketiga atas kerugian atau kerusakan harta benda atau biaya pengobatan, cedera, ataupun meninggal yang limit maksimal tercantum pada polis asuransi setiap kejadian.

Lalu, ada santunan kecelakaan diri karena cedera atau kematian pengemudi dan penumpang yang limitnya diatur di dalam polis untuk tiap orang. Biaya perawatan atas cedera pengemudi ataupun penumpang, angkanya didapatkan dihitung lewat limit santunan kecelakaan.

Perbaikan berlaku pada bengkel-bengkel yang resmi serta umum yang jadi rekanan perusahaan asuransi. Adanya layanan mobil derek serta Emergency Roadside Assistance. Ada juga santunan uang penggantian karena kerusakan minor yang nilai dari limit klaim diatur di dalam polis asuransi mobil.

Meski demikian, manfaat pertanggungan yang ada di atas belum pasti berlaku pada tiap-tiap polis yang perusahaan asuransi jual. Anda sebagai pemilik mobil harus pastikan manfaat-manfaat dasar yang disediakan serta manfaat-manfaat jaminan perluasannya.

Perbedaan dari Asuransi All Risk dan Asuransi TLO

Asuransi mobil terbagi jadi dua macam berdasarkan pada manfaat pertanggungannya, yakni All Risk dan Total Loss Only. Lalu, apa perbedaan keduanya?

Klaim Manfaat Pertanggungan

Manfaat dari asuransi TLO bisa diklaim apabila biaya penggantian sama dengan atau di atas 75% dari harga pasar mobil ketika kejadian (termasuk kendaraan hilang).

Sedangkan, manfaat asuransi All Risk dapat diklaim atas kerusakan yang kecil sampai besar (termasuk hilang).

Usia Mobil

Polis asuransi TLO cocok untuk mobil yang usianya 0-10 tahun ataupun mobil bekas dengan usia di atas 10 tahun. Polis asuransi All Risk cocok untuk mobil yang baru ataupun mobil bekas yang usianya di bawah 10 tahun.

Layanan Bengkel

Perbaikan pada bengkel yang resmi biasanya berlaku untuk mobil dengan polis All Risk serta TLO yang usianya kurang dari 10 tahun. Polis TLO untuk mobil yang usianya lebih dari 10 tahun hanya dapat lakukan perbaikan pada bengkel umum.

Cara Klaim Asuransi All Risk

Ajukanlah klaim dengan sesegera mungkin. Perusahaan asuransi biasanya akan berikan batas maksimal

Pengajuan klaim adalah 5×24 jam setelah kejadian terjadi. Di mana artinya, apabila lewat batas pengajuan, perusahaan asuransi berhak untuk menolak pengajuan klaim tersebut.

Berikut ini sejumlah langkah pengajuan klaim yang dapat diikuti:

1. Laporkan klaim asuransi dengan segera. Ini dapat dilakukan dengan hubungi call center perusahaan.

2. Siapkan dokumen-dokumen klaim seperti formulir klaim, SIM, STNK, polos, bukti foto kejadian, dan lain-lainnya.

3. Perusahaan asuransi akan lakukan survei untuk tentukan apakah kerusakan bisa ditanggung asuransi ataukah tidak.

4. Menunggu hasil survei.

5. Jika disetujui, nasabah bisa lakukan klaim pada bengkel rekanan perusahaan asuransi.

6. Biasanya proses klaim asuransi mobil perlukan waktu 3 hingga 5 hari.

7. Nasabah bayarkan biaya own risk.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai asuransi kendaraan All Risk. Seperti yang disebutkan di atas, asuransi ada banyak jenisnya, tak hanya asuransi mobil tapi ada juga asuransi kesehatan, asuransi jiwa terbaik, dan lain-lain.

Asuransi sangat penting untuk kehidupan saat ini, maka dari itu pilihlah asuransi terbaik yang sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial Anda!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.